Pages

Kamis, 25 April 2013

Bermain Gitar Buat Pemula

Halo teman-teman...
Kali ni aku pengen share tentang belajar bermain gitar buat pemula..

Teman2 yg mungkin menyukai musik atau suka bernyanyi di kamar mandi, tempat2 sunyi (cth: kuburan, karna kurang pede terhadap suaranya) tapi tidak punya keahlian dalam bermain musik khususnya gitar dan ingin mulai belajar gitar.. *hehe just kidding :)*
Nih, aku ada tips yg didapat dari buku2 pelajaran gitar, browshing internet dan pengalaman pribadi untuk bisa mulai belajar bermain gitar..
Tanpa bermaksud untuk menggurui, hanya sebatas ingin berbagi.. Semoga bermanfaat :)

Artikel ni akan membahas tentang :
1. Pengenalan gitar dan bagian2nya (first thing first).
2. Hal yang pertama.
3. Konsistensi mencoba (trial & error).
4. How to become advance.

Sedikit quote pelecut semangat buat teman2 ni..
"You dont have to be great to start, but you have to start to be great."
"Anda tidak perlu menjadi hebat untuk memulai, tapi Anda perlu memulai untuk menjadi hebat." - Zig Ziglar -
Yuk mari kita mulai...!!!!! Semangat..!!! Semangat..!!
Oh ya teman2, kita akan membatasi pembahasan artikel ni pada gitar akustik saja y, biar tidak terlalu panjang dan fokus..

1. Pengenalan  gitar dan bagian2nya (first thing first)


Nah, teman2 mungkin punya gitar seperti diatas atau hanya pernah melihat saja tapi belum tahu namanya.. Bisa dilihat penjelasan diatas :)
Gambar yg kedua diatas sebenarnya sama saja dengan gambar pertama, tapi bedanya hanya pada bagian scratch plate-nya saja..
Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara yang di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.
Penjelasan lebih lengkap, silahkan klik link di bawah ni :)

Bagaimana teman2, sedikit banyak sudah menambah ilmu bukan.. :)
Let's move to second level :D

2. Hal yang pertama

Selanjutnya agar kita bisa melanjutkan pelajaran kita, teman2 perlu memiliki gitar akustik sendiri *kalok gak ada minjam pun boleh, tapi jangan mencuri ya, repot kita nanti* hahaha :D
Buat teman2 yang ingin membeli gitar akustik, bisa menabung duit mulai dari sekarang.. Harganya tidak terlalu mahal kok.. Berdasarkan pengalaman penulis, kita bisa dapat gitar yang kualitasnya standart dengan merogoh kocek mulai dari 300rb-an.. hehe :)
Buat yang berdomisili di Medan boleh mengunjungi toko2 musik seperti Brother's Music (Jl. Asia No 89-39), Raja Sport & Music (Jl. Jendral Ahmad Yani no. 91, daerah Kesawan), dan Istana Music & Sports (Jl. Jendral Ahmad Yani no. 87, daerah Kesawan).. *sedikit iklan, tapi saya tidak bekerja disana dan tidak ada keterkaitan apapun terhadap mereka, murni referensi berdasarkan pengalaman penulis*
hehe :)
Ni link untuk info lengkapnya
Harga sewaktu-waktu bisa berubah, tapi yg pastinya gk jauh2 amat dari yg penulis infokan.. :)
Kok jadi artikel iklan ya??? hahaha.. Maaf teman2, kita balik lagi ke pelajarannya y :)

Mari kita mulai belajarnya..
Ambil gitar teman2, duduklah pada posisi dimana teman2 merasa nyaman.. Cobalah untuk fokus dengan menjauhkan HP, BB, Android, Ipad, Laptop dsb..agar tidak terganggu.. Carilah tempat yg sepi/jauh dari kebisingan *yg pastinya bukan tempat angker y* hehe :)

Pertama kita akan melakukan Tuning pada gitar kita, agar suaranya sesuai dengan standart sehingga bisa dimainkan dan enak didengar.
Senar 1 (yg paling bawah) nadanya E
Senar 2 (naik dari senar 1) nadanya B
Senar 3 nadanya G
Senar 4 nadanya D
Senar 5 nadanya A
Senar 6 nadanya E

Untuk lebih mudah silahkan lihat video di bawah ini :)



Ok, jika Tuning gitar teman2 sudah benar maka kita akan naik ke Next Level...!!!

3. Konsistensi Mencoba (trial & error)

Buat teman2 yang benar2 pemula, penulis menyarankan untuk mencari setidaknya teman bermain gitar (yang bisa bermain gitar) agar bisa memotivasi teman2 belajar.. Jika ingin ke tahap serius boleh mencari guru private gitar atau pergi ke tempat2 les di daerah teman2..

Teman2 semua pasti sering mendengarkan mp3 atau mempunyai lagu2 favorit bukan..??
Kita akan memulai pelajaran dari lagu2 tersebut..
Coba deh cari lirik dan akordnya lagu yang ingin teman2 pelajari dari google. Atau bisa juga cari di link di bawah ini :)

Oh iya, belum ngasih tahu apa itu akord ya.. hehe :)
"Akord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan akan terdengar harmonis."
Lebih lengkapnya lagi silahkan cek link di bawah ini.. :)

Silahkan lihat video di bawah ini untuk mengetahui akord2 sederhana untuk mulai belajar gitar :)



Jika teman2 tidak menemukan akord yang teman2 butuhkan.. Bisa dilihat dari diagram di bawah ini atau cari di Gadget "Guitar Chord Chart" sebelah kanan atas blog ini :)

Untuk penjelasannya bisa dilihat di gambar di bawah :)


Wah... Gimana nih teman2, sudah semakin banyak ilmu yang tambah bukan...?? hehe :)
Berdasarkan akord2 di atas sekarang teman2 cobalah untuk menyanyikan lagu yang teman2 sukai sambil memainkan gitar teman2.. Ingat untuk tidak terburu-buru dalam bermain gitar.. Cobalah perlahan-lahan dengan tempo yang benar. Jika gagal dan stress, berhenti sejenak dan lanjutkan ketika teman2 sudah bersemangat lagi.. *tapi jangan kelamaan ya, ntar gak jadi belajarnya* hahaha \(^_^)/

Ingat..!! Konsistensi Mencoba (Trial & Error)..!!!

Now, we're ready for the next level..!!! Please fasten your seatbelts..!!!


4. How to become advance..

Oh iya teman2.. Artikel ini judulnya di atas adalah "Bermain Gitar Buat Pemula" jadi maaf tidak ada pembahasan Advance Level sini... Hehe.. Maybe in the next article :)

Tapi yang pastinya untuk menjadi mahir perlu latihan yang terus-menerus.. disiplin yang tinggi dan tidak melulu mempelajari hal yang sama setiap hari (berani mencoba hal yang baru, yang belum dikuasai).
Ingat...!!!
"Practise makes Perfect... Rutinity makes Expert.."
Jangan pernah berhenti belajar dan takut untuk mulai belajar :)

See you in next episode :)
Hope this article can help you achieve more knowledge and encouragement in learning music, especially acoustic guitar :)

godspeed :)

Nb: Kritik dan saran Anda sangat dibutuhkan untuk pengembangan blog ini. Terima kasih :)



2 komentar:

  1. Salam kenal…izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dalam bhs indonesia silahkan kunjungi http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus
  2. terima kasih Mas... salam kenal juga.. :)

    BalasHapus